Gagal Instal SQL Server, ini Solusinya!

Kamis, 10 Desember 2015
Ada yang pernah mengalami eror ketika proses install SQL server? Jika ada yang pernah kami sedikit berbagi solusi menanganinya. SQL yang digunakan adalah server 2012 R2. Beberapa masalah antara lain ketika proses penginstallan berjalan lancer namun ketika proses instalasi sudah hamper selesai, lau muncul pesan singkat :

“The following error has occurred: Wait on the Database Engine recovery handle failed. Check the SQL Server error log for potential causes.”

Padahal proses instalasi yang dilakukan sudah sesuai prosedu. Karena naluri saya sebagai orang awam di dunia SQL Server, saya langsung memutuskan untuk menginstal ulang SQL Server tersebut. Namun hasil yang saya dapatkan sama saja. Jika kasusnya sudah seperti ini, kemmbali naluri saya sebagai user yang masih awam akan mencari solusinya di Google. Ternyata permasalahan yang saya alami, juga dialami banyak orang, dan jawaban atas permasalahan ini pun masih beragam. Jadi intinya masih belum ada jawaban yang pasti.

Karena keterbatasan pengetahuan sebagian orang justru menginstall ulang SQL server dan hasilnya tetap sama. Tentu kejadian tersebut membuat kita bosan dan kesal. Namun sabar dulu  semua ada solusinya, nah dalam kesempatan kali ini kita akan coba berbagi.

Pada saat kita melakukan instalasi SQL Server, jika kita langsung meruning file setup-nya maka SQL Server akan membuat sebuah folder temporary untuk mengekstrak semua file yang dibutuhkan misalnya saja di drive C:

Nah ketika proses instalasi akan membaca file dari folder di atas ternyata folder tersebut terkunci alias access denied alias tidak dapat permision sehingga terjadilah error seperti diatas. inilah yang terjadi pada saya. untuk mengatasi masalah ini.

BERIKUT ADALAH CARANYA

1. Ekstrak terlebih dahulu file instalasi SQL server ke folder yang bisa di akses oleh semua user, misalnya ke drive D:. untuk ekstrak bisa menggunakan software WinRAR atau WinZIP.

2. Sebelum menginstal SQL Server pastikan kita sudah menginstal Windows Installer 4.5 dan Windows Power Shell 1.0. untuk Windows Installer 4.5 silahkan download di sini dan untuk Windows Power Shell bisa di download di sini. Sesuaikan dengan versi Windows yang kita pakai.

3. Jalankan Instalasi SQL Server dari folder yang sudah kita ekstrak tadi dengan mengklik file setup.exe.

Dengan langkah-langkah di atas mudah-mudahan proses instalasi bisa berjalan dengan sempurna. Untuk windows hosting kami merekomendasikan memakai www.jaringanhosting.com karena JaringanHosting.com adalah provider ASP.NET dan Windows hosting No #1 di Indonesia. Web Hosting kami mendapatkan Microsoft Spotlight Award dari Microsoft dan ini berdasarkan pada beberapa persyaratan utama, yaitu: WebMatrix, WebDeploy, Visual Studio 2015, ASP.NET 4.6, ASP.NET MVC 6, Silverlight 5 and Visual Studio Lightswitch.

Copyright @ 2013 @komenyuk. Designed by Templateism | MyBloggerLab

Top Topic

Follow us on Twitter