Indonesia vs Malaysia, Menang Melenggang

Rabu, 18 September 2013
Pertarungan Indonesia U-19 melawan Malaysia U-19 Rabu malam nanti (18/9) di Gelora Delta Sidoarjo bukan hanya terakhir. Lebih dari itu, laga ini merupakan partai penentuan. Sang pemenang akan melenggang ke babak semifinal Piala AFF U-19 2013.


Indonesia hanya butuh hasil seri dari Malaysia untuk memastikan lolos. Namun, ditahan imbang musuh bebuyutan di kandang sendiri laksana sebuah aib. Timnas U-19 wajib menang jika masih ingin bertanding melawan sang juara Grup A, Timor Leste.

"Target kita? Harus menang," tegas pelatih Indra Sjafri ketika ditanya tentang laga melawan Harimau Muda ini.

Berkaca dari dua pertemuan sebelumnya, Indra sendiri mengaku optimis. Saat kejuaraan pelajar Asia di Iran, Evan Dimas dkk menggulung Malaysia 6-2. Sementara saat di HKFA Hongkong, tim asuhan Indra tertahan tanpa gol.

"Grafik anak-anak sedang meningkat. Tapi Malaysia juga sedang bagus, mereka bisa mengalahkan Thailand," terang eks pemain PSP Padang di era Perserikatan ini.

Dari kubu Malaysia, mereka juga ogah jika harus kalah dari tuan rumah. Pelatih Aminuddin Bin Hussin bahkan berani berujar bahwa mereka boleh saja tersingkir, tapi tidak jika harus kalah dari Indonesia. "Kami datang ke sini untuk menang, bukan untuk kalah," tegasnya.

Melihat kekuatan dari kedua tim, Indonesia lebih banyak tereduksi. Skuat Garuda Jaya harus kehilangan setidaknya tiga pemain utama. Dua bek Hansamu Yama dan M Fatchu Rahman absen karena akumulasi kartu. Sementara striker yang sudah mengoleksi dua gol, Muklis Hadi Ning Syaifulloh diragukan turun karena cedera paha.

Posisi Yama nantinya akan diisi oleh Putu Gede Juni antara. Dua bek sayap M Fahri Albaar dan Dimas Soemantri akan melakoni debutnya di Piala AFF U-19 ini untuk mengisi pos Putu Gede sebelumnya di bek kanan dan posisi Fatchu di kiri. Untuk striker, bisa saja Dinan Yahdian Javier akan mengisi posisi Mukhlis. Atau kalau tidak, striker yang masih belia, Dimas Drajat, diturunkan sejak awal.

Sedangkan Malaysia sedikit lebih beruntung. Hanya striker M Arif Fadzillah yang cedera dan tidak bisa menjadi tandem dari top skor tiga gol mereka, M Arif Bin Mohammed Anwar. Namun, Muhammad Jafri yang menjadi pengganti juga harus tetap diwaspadai oleh dua bek debutan Indonesia karena ia gemar beroperasi dari sisi sayap. Bek Adam Shafiq juga sudah bebas dari hukuman akumulasi kartu.

Perkiraan Susunan Pemain:
Indonesia: Ravi Murdianto (GK); Mahdi Fahri Albaar, Putu Gede Juni Antara, M Sahrul Kurniawan, Dimas Soemantri; Zulfiandi, Evan Dimas (C), Paolo Oktavianus Sitanggang, Ilham Udin Armaiyn, Maldini; Dinan Yahdian

Malaysia: Amierul Hakimi (GK); M Amirul Hasyim, M Syazwan, M Faris Shah, Adam Shafiq; M Fauzan, Thanabalan Nadarajah, Nur Shamie, M Alif Haikal; M Jafri, M Arif Bin Mohammed  (fjr/mac)
Copyright @ 2013 @komenyuk. Designed by Templateism | MyBloggerLab

Top Topic

Follow us on Twitter